20 Orang Dinyatakan Hilang Akibat Tanah Longsor di Atami Shizuoka Jepang, #PrayforJapan

In this photo taken and provided by Satoru Watanabe, a road is covered by mud and debris following heavy rain in Atami city, Shizuoka prefecture, Saturday, July 3, 2021. A powerful mudslide carrying a deluge of black water and debris crashed into rows of houses in the same city, west of Tokyo following heavy rains on Saturday, leaving multiple people missing, officials said.(Satoru Watanabe via AP)

Hujan lebat sejak Sabtu subuh memicu tanag longsor setidaknya telah menghancurkan 10 rumah penduduk setempat dan 20 orang dinyatakan hilang.

Tanah bercampur air dari gunung mengalir deras ke area perumahan warga hingga menyeret puluhan rumah warga sekitar jam 10.30 JST di Atami Prefektur Shizuoka Jepang.

Saat ini, pemerintah kota setempat telah mengeluarkan tingkat peringatan evakuasi ke level tertinggi.

Menurut Pusat Penelitian dan Pendidikan Terpadu Bahaya Alam Universitas Shizuoka mengatakan bahw kecepatan tanah longsor tersebut diperkirakan mencapai 40km/jam.

Dalam beberapa hari terakhir, Shizuoka diguyur hujan lebat. Menurut Profesor dari Universitas Shizuoka mengatakan daerah tersebut memang rentan terhadap bencana tanah longsor karena endapan vulkanik yang menumpuk di lereng sekitaran gunung daerah tersebut.

Pemerintah setempat dan tim penyelamat kini sedang bekerja ekstra untuk menyelamatkan warga yang masih hilang. Call center pertolongan warga menerima setidaknya lebih dari 10 telepon dari warga yang terjebak di rumah akibat tanah longsor.  

PM Yoshihide Suga akan mengadakan pertemuan darurat terkait instruksi yang diberikan pada jajarannya demi memastikan ruang mengungsi bagi warga yang terdampak bencana.

#PrayforJapan

Source : JT