5 Penemuan Keren Jepang yang Berhasil Mengubah Kehidupan Manusia Menjadi Lebih Efisien

Soal inovasi, Jepang memang menjadi salah satu andalan di dunia karena ada banyak penemuan buatan Jepang yang telah berhasil mengubah kehidupan manusia di dunia menjadi lebih mudah.

Nah kalau kamu belum tau,  kali ini kita akan bahas pengetahuan berbagai penemuan besutan Jepang yang mungkin saja berbagai hasil inovasi Jepang ini akan ada di rumah kamu ataupun kamu pasti pernah memakainya.

Berikut berbagai inovasi teknologi Jepang :

  • Rice Cooker

Barang ini tidak akan mungkin jika tidak ada di rumahmu, rice cooker sendiri memang sangat wajib ada di peralatan rumah tangga untuk memudahkan kita menanak nasi dengan lebih praktis. namun tahukah kamu bahwa rice cooker merupakan temuan dari Jepang? ya saat itu rice cooker ditemukan pada 1937 di zaman perang dunia. saat itu, rice cooker digunakan tentara jepang untuk membuat nasi dengan lebih praktis. Inovasi tersebut ditemukan oleh orang Jepang bernama Yoshida Minami. Namun, penanak nasi tersebut belum memiliki tutup sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama hingga nasi benar-benar matang. Akhirnya, perusahaan penyedia elektronik Jepang Toshiba dan Mitsubishi mengembangkan rice cooker tadi dengan adanya penutup sehingga lebih cepat matang dan merata hingga akhirnya rice cooker tersebut mengalami banyak inovasi dan berkembang hingga kita kenal sekarang.

  • Handphone dengan Kamera

Saat ini hampir semua handphone dari berbagai brand tidak mungkin tidak dilengkapi kamera. Bahkan, handphone yang kita pegang saat ini juga pasti memiliki kamera. Dengan kamera yang disematkan di handphone akan memudahkan kita mengabadikan momen langsung dari handphone kita. Namun taukah kamu bahwa handphone dengan kamera merupakan besutan Jepang? ya, handphone dengan kamera pertama di dunia merupakan besutan perusahaan elektronik asal Jepang Kyocera yang meluncurkan produk handphone Kyocera VP-210 pada tahun 1999 silam. Kamera yang disematkan pada handphone ini diletakan di depan beresolusi 0,11 MP. karena dulu teknologi memori belum berkembang, Kapasitas Memori handphone ini  hanya mampu menyimpan foto sebanyak 20 aja. Setahun berselang, handphone dengan kamera sangat booming di pasaran. Berbagai vendor elektronik seperti Samsung dengan produk SCH-V200 dan juga Sharp dengan produk J-phone dan berbagai vendor lain terus berlomba membuat kamera handphone yang lebih canggih. Tak disangka, ternyata inovasi produk kyocera merupakan cikal bakal handphone dengan kamera seperti yang kita kenal saat ini.

  • Karaoke

Siapa sih yang tidak pernah ke tempat karaoke? mungkin hampir semua orang saat ini sudah pernah ke karaoke ataupun melakukan kegiatan karaoke. tapi tahukah kamu kalau pencetus karaoke berasal dari Jepang? yes, karaoke yang kini menjamur dimana-mana merupakan penemuan dari musisi serta pengusaha asal Jepang Daisuke Inoue. Ide tersebut tercetus saat sebuah band di tahun 1970 tidak bisa tampil karena salah satu personil tidak bisa datang sehingga penonton yang mengikuti konser hanya diberikan iringan musik yang pernah direkam. Akhirnya Inoue membuat mesin karaoke yang diberi nama “juke 8” pada 1971. Meski begitu, Inoue tidak pernah berpikir bahwa karaoke akan menjamur dimasa depan dan ia tidak pernah berpikir bahwa penemuannya tersebut merupakan awal mula dari karaoke. bahkan, Ia juga tidak mematenkan penemuannya tersebut. Saat ini sendiri, karaoke menjadi salah satu tempat hiburan paling favorit masyarakat Jepang dan menjadi sebuah tradisi untuk menghilangkan stres

  • Sistem QR Code

Saat ini, sistem qr code memang menjadi salah satu elemen penting operasional bisnis atau pun lembaga pemerintah agar bisa terintegerasi dengan sistem dengan lebih cepat. Seperti pembayaran elektronik, atau pun pembacaan data produk, atau pun data pribadi masyarakat yang akan terintegrasi dengan sistem kini hampir semuanya menggunakan kode baris atau barcode ini. Banyak yang belum tau bahwa QR code ini merupakan temuan Jepang . Ya sistem tersebut dicetuskan oleh seorang insinyur dari perusahaan Denso bernama Masahiro Hara. Hara sendiri mengembangkan QR code merupakan terobosan baru dari barcode yang dianggap terlalu memakan waktu untuk melakukan pemindaian. Hara menginginkan suatu sistem yang mirip dengan barcode namun penggunaannya lebih luas dan tak terbatas. kini sistem qr code tersebut sangat terkenal dan dipakai di berbagai lembaga atau pun operasional bisnis karena dianggap lebih efesien hingga sekarang.

  • Mie Instan

Para anak kos atau anak rantau pasti sudah tidak akan asing dengan mie instan. Selain praktis disajikan, makanan ini juga tergolong murah. namun yang harus kamu tahu bahwa penemuan mie instan tersebut adalah inovasi produk asal Jepang. Mie instan pertama kali dicetuskan oleh founder perusahaan penyedia makanan instan yang kini menjadi raksasa di Jepang bernama Nissin. produk mie instan ini merupakan inovasi dari foundernya yakni Momofuku Ando. Saat itu di tahun 1958, Ando merasa iba dengan pegawai yang kelelahan bekerja seharian dan harus menunggu mengantri membeli makanan ketika pulang kerja. Dari situ Ando berpikir ingin membuat suatu produk yang bisa lebih cepat disajikan dan mengenyangkan dan terciptalah mie instan ini.  Rasa mie instan pertama yang dibuat Ando adalah “chicken ramen”. Penemuannya ini pun mendapat respon positif. Bahkan penemuan ando ini pun pernah disebut “ramen ajaib” karena membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk penyajiannya.

nah itulah tadi berbagai penemuan Jepang yang berhasil mengubah hidup masyarakat di dunia. Jepang memang keren ya. Memang tidak salah kalau teknologi Jepang selalu di depan.