Akan Hadir di Tokyo Olimpiade, Presiden Korsel Moon Jae In Bisa Jadikan Peluang Perbaiki Hubungan dengan Jepang

Presiden Korea Selatan Moon Jae In dikabarkan akan hadir dalam pembukaan Tokyo Olimpiade yang akan digelar pekan depan.

Kabar tersebut mencuat usai Menteri Budaya Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan Hwang Hee mengatakan Presiden Moon tangah mempertimbangkan mengunjungi Tokyo selama 2 hari mulai dari 23 Juli mendatang.

Namun, kunjungan tersebut belum jelas apakah Presiden Moon akan menjadwalkan pertemuan dengan Perdana Menteri Yoshihide Suga atau tidak.

Meski bagaimana pun, dengan hadirnya Presiden Korea Selatan Moon Jae In dalam acara besar seperti Olimpiade bisa jadikan langkah untuk memperbaiki hubungan dengan Jepang.

Jika pertemuan kedua pemimpin negara dilakukan maka ini akan menjadi pertama kali sejak pertemuan terakhir PM Jepang yang dijabat oleh Shinzo Abe bertemu Presiden Moon di China tahun 2019.

Hubungan Korea Selatan dan Jepang jatuh dalam kondisi terparah dalam berbagai kasus yang mencakup perseturuan kompensasi di masa perang dan juga perang dagang semikonduktor beberapa tahun lalu.  

Menurut kantor perdana menteri Jepang saat ditanya pertemuan dengan Presiden Korsel di Olimpiade, staf perdana menteri mengatakan bahwa itu sangat wajar apabila pihak pemerintah Korea Selatan mengajukan pertemuan sesuai dengan protokol diplomatik.

Source : JP, KN