Akhir April Perdana Menteri Suga Berencana Mengunjungi India dan Filipina

PM Suga merencanakan kunjungan ke India dan Filipina selama liburan Golden Week dari akhir April, sumber pemerintah mengatakan Rabu (07/04/2021), karena Jepang berupaya memperkuat hubungan di Asia untuk melawan pengaruh China yang semakin meningkat.

Jepang berupaya untuk menegaskan kembali kerja sama dengan negara-negara tersebut atas visinya tentang kawasan “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka” melalui perjalanan, yang dapat berubah tergantung pada situasi virus Corona.

The framework yang dikenal sebagai Quad terdiri dari Jepang, Amerika Serikat, Australia, dan India, semakin menjadi fokus upaya untuk melawan pengaruh ekonomi dan militer China yang semakin meningkat.

Negara-negara tersebut mengadakan latihan angkatan laut gabungan Malabar November lalu sebagai unjuk kekuatan, sambil menyetujui dalam pertemuan puncak virtual untuk “menghadapi tantangan terhadap tatanan maritim berbasis aturan” di Laut Cina Selatan dan Timur, di mana Cina telah membuat klaim teritorial yang diperebutkan oleh para tetangganya.

Suga bertemu dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada November di Tokyo dan dijadwalkan mengunjungi Amerika Serikat untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Joe Biden minggu depan, dan tampaknya berusaha untuk lebih memperkuat kerangka kerja dengan bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Jepang dan India juga telah memperkuat hubungan keamanan bilateral dalam beberapa tahun terakhir, menandatangani pakta militer September lalu yang memungkinkan mereka untuk bertukar pasokan dan dukungan logistik.

Suga dan Modi diharapkan untuk membahas hubungan lebih lanjut di luar angkasa dan keamanan siber, serta kerja sama dalam proyek infrastruktur dan masalah ekonomi lainnya.

Menurut sumber tersebut, Suga juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, dan mereka akan membahas cara-cara untuk memperdalam kerja sama keamanan dan ekonomi karena tahun ini menandai tahun ke-65 sejak normalisasi hubungan diplomatik mereka.

Sc: Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here