Akhiri Jabatan Perdana Menteri, Shinzo Abe Ucapkan Pamit

Terpilihnya Yoshihide Suga sebagai pengganti perdana menteri Jepang yang baru untuk menjabat hingga September 2021, Shinzo Abe resmi mundur dari kepala pemerintahan Jepang.

Shinzo Abe mengucap banyak terima kasih kepada seluruh jajaran staf dan kabinet selama Ia menjabat dan Ia berjanji akan terus mendukung perdana menteri selanjutnya dalam memimpin pemerintahan Jepang.

Shinzo Abe telah menyatakan mundur dari jabatan perdana menteri sejak bulan Agustus lalu terkait dengan masalah kesehatan yang menimpanya.

Partai Demokratik Liberal yang kini berkuasa di Jepang telah memutuskan 3 kandidat yang akan bersaing untuk menggantikan Shinzo Abe yang akan menjabat hingga September 2021.

Tanggal 14 September lalu, mantan kepala sekertaris yang menjabat selama pemerintahan Abe yakni Yoshihide Suga berhasil mendapat suara terbanyak dari seluruh parlemen dan dinyatakan menang untuk menggantikan posisi perdana menteri.

Shinzo Abe sebelumnya pernah mengundurkan diri tahun 2007 silam akibat penyakit usus yang dideritanya. Ia kembali terpilih menjadi perdana menteri tahun 2012 dan menjabat hingga 2020 dan dinobatkan menjadi perdana menteri yang menjabat terlama sepanjang sejarah Jepang.

Source : SCMP clip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here