Akses Wisatawan Luar Negeri ke Jepang Dibuka Hari Ini, Peserta Tur Wajib Ikuti Prokes dan Ikut Asuransi

Pemerintah Jepang telah kembali membuka akses kedatangan wisatawan pada 10 Juni atau Jumat hari ini dengan harapan dapat kembali membangkitkan  ekonomi sektor pariwisata usai 2 tahun ditutup akibat adanya pandemi corona.

Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah pedoman bagi pendatang dengan tujuan wisata dan membatasi hanya kelompok wisata  dari 98 negara yang dianggap memiliki resiko rendah seperti Indonesia, Amerika, Cina, Korea Selatan, Thailan dan lain sebagainya.

Pendatang dari luar negeri dengan tujuan wisata akan tetap diharuskan mengikuti aturan kedatangan harian yang diberlakukan pemerintah yakni dengan kuota 20.000 perhari.

Di bawah pedoman aturan berlibur di Jepang, para turis nantinya tetap harus mengikuti aturan pemakaian masker dan wajib mengambil asuransi demi menutupi pengobatan apabila mereka terinfeksi corona saat sedang berlibur.

Selain itu masker memang tak selalu wajib digunakan apabila mereka menjaga jarak berada 2 meter dari orang lain mengingat saat ini Jepang akan memasuki musim panas dan suhu panas di beberapa bulan mendatang akan memicu orang terkena heatstroke jika menggunakan masker.

Agensi wisata bertanggung jawab untuk mencatat kegiatan tur dan tempat yang mereka kunjungi dan apabila ditemukan infeksi dari salah satu peserta tur langsung akan dibawa ke institusi medis.

Source : mainichi