Aktivis LGBT Jepang Desak Pemerintah Legalkan Aturan Kesetaraan Gender Sebelum Gelar Olimpiade

Kelompok aktivis minoritas seksual di Jepang kini dalam upaya untuk mendapatkan perizinan sah dari pemerintah terkait hukum yang melegalkan LGBT.

Mereka berharap agar seruan tersebut didengar langsung oleh PM Yoshihide Suga agar mendukung pengesahan terkait dengan LGBT.

Menurut Kane Doi, salah satu aktivis yang juga merupakan ketua dari Human Rights Watch mengatakan bahwa melindungi kaum minoritas seksual dengan undang-undang merupakan hal yang sangat diperlukan. Hal ini juga demi menghindari deskriminasi yang tidak dapat ditoleransi.

Saat ini sendiri kesadaran dan dukungan terhadap kaum minoritas seksual di Jepang perlahan mulai tumbuh hanya saja belum ada undang-undang yang bisa menjadi pelindung bagi kaum LGBT.

Hingga saat ini, secara hukum pemerintah Jepang masih belum mengakui pasangan sesama jenis.

Hal ini memicu para aktivis bahwa kaum minoritas seksual perlu adanya perlindungan hukum yang sah karena sering mengalami deskriminasi di sekolah, tempat kerja dan tempat publik lainnya hingga menyebabkan kaum LGBT harus menyembunyikan identitas gender mereka.

Menurut mereka, Jepang menjadi salah satu negara yang tertinggal dibanding negara maju lain yang telah mengakui LGBT.

Para aktivis yang terus mendorong pemerintah mengesahkan undang-undang kesetaraan gender sebelum Olimpiade karena Jepang sebentar lagi akan menjadi perhatian internasional yang akan menggelar Olimpiade pada musim panas nanti.

Source : apnnews