Aliansi Pertahanan Jepang-AS Akan Gaet Eropa demi Menjaga Kawasan Indo-Pasific

Aliansi Jepang-AS menyambut baik bergabungnya angkata laut negara-negara besar di Eropa yang direncakan akan turut ke perairan Indo Pasific.

Meningkatnya ketegangan China dengan berbagai negara terkat dengan teritorial membuat berbagai negara harus siap dalam mencegah terjadinya kembali pemicu perang dunia.

Inggris, Prancis, Jerma dikabarkan akan mengirim kapal-kapal induk ke perairan samudera Hindia pada tahun ini.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan bahwa ini adalah potensi baik bagi Jepang untuk bisa mengembangkan kerjasama dengan negara-negara Eropa.

Meski begitu, meningkatnya kekhawatiran agresi militer di kawasan Indo Pasific perlu dicegah agar tidak memicu perang. Masuknya negara eropa dalam aliansi pertahanan ini akan membantu membuat kawasan Indo Pasifik yang tertib dan damai.

Pemerintah Jerman sendiri telah mengatakan bahwa perlu adanya kerja sama yang berkontribusi dari negara di Eropa demi menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Indo-Pasifik.

Menteri Kishi berharap agar para angkatan laut dari negara Eropa bisa turut latihan bersama di kawasan laut China Selatan yang merupakan daerah sengketa pulau Senkaku antara Jepang dan China.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here