Amerika Berupaya Jadi Penengah Meregangnya Hubungan Politik Jepang dan Korea Selatan

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori dan Amerika Wendy Sherman melangsungkan pertemuan demi menggarisbawahi kerjasama trilateral yang melibatkan negara Korea Selatan.

Sayangnya, pada pertemuan pembahasan kerjasama trilateral, upaya Amerika untuk menjadi penengah hubungan Korea Selatan dan Jepang tak berjalan mulus usai pejabat Jepang dan Korsel meninggalkan diplomat Amerika hingga pejabat Amerika harus menghadapi wartawan media sendirian.

Hal tersebut dikarenakan kepala sekertaris kabinet Jepang Hirokazu Matsuno yang mengatakan bahw pemerintah memutuskan tidak pantas mengadakan konferensi pers di tengah kasus sengketa wilayah yang diklaim oleh Korsel dan Jepang.

Pejabat dari Korea Selatan pun mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk tidak mengambil bagian dalam pers karena dikhawatirkan perselisihan politik tersebut akan menutupi masalah yang lain.

Dalam kesepakatan kerjasama, aliansi AS-Jepang adalah landasan kuat untuk menjunjung tinggi perdamaian dan keamanan di terkhusus di wilayah Indo-Pasifik dan kedua pejabat tersebut menegaskan pentingnya kerjasama trilateral antara AS, Jepang dan Korea Selatan demi mengatasi tantangan global di abad 21.

Menurut Sherman, AS tetap pada komitmen dalam membela tatanan internasional di tengah meningkatnya ketegangan China di kawasan Indo-Pasifik.

AS juga mengungkap ketegasannya bahwa mereka siap memberikan dukungan terhadap siapa saja yang mendukug pemulihan kedamaian terkhusus negara yang sedang terjadi krisis politik di Myanmar akibat adanya kudeta militer sejak Februari lalu.

Selain itu, kerjasama trilateral ini juga membahas mengenai ancaman senjata nuklir di semenanjung Korea yang dapat mengganggu kedamaian dunia.

Hubungan Jepang dan Korea Selatan kini memang tengah meregang akibat adanya kasus perselisihan yang tak kunjung usai kompensasi tenaga kerja di masa perang, sengketa pulau Dokdo/Takeshima serta diperparah dengan ketegangan hubungan dagang dimana pemerintah Jepang mengetatkan kebijakan ekspor semikonduktor ke Korea Selatan tahun 2019.

Source : bloomberg, KN