Amerika Desak Jepang Berani Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Rusia Jika Mulai Serangan ke Ukraina

Amerika mendesak pemerintah Jepang untuk turut menaikan kritik terhadap pemerintah Rusia yang kini terus memberikan ketegangan di perbatasan dengan Ukraina.

AS kian mendorong Jepang untuk menjatuhkan sanksi ekonomi dengan Rusia apabila Rusia berani menyerang senjata ke Ukraina.

Jepang sendiri sebelumnya menunda terkait dengan tanggapannya terhadap permintaan desakan dari Amerika tersebut karena khawatir akan berdampak pada hubungan bilateral Rusia dan Jepang apalagi kedua negara juga memiliki masalah terkait pulau sengketa bernama pulau Kuril.

Sejak beberapa pekan lalu, diskusi virtual antara PM Fumio Kishida dan Presiden Joe Biden, Jepang menegaskan bahwa mereka akan bertindak tegas dalam menanggapi setiap serangan.

Saat ini, ketegangan Rusia dan Ukraina terus diperparah usai pasukan militer Rusia yang dikirim ke perbatasan negara dan memicu kekhawatiran bahwa mereka merencanakan serangan militer.

Amerika dan seluruh sekutunya telah memperingatkan kepada Rusia jika mereka memulai serangan maka Rusia harus siap menangung konsekuensi yang sangat berat.

Namun pemerintah Rusia membantah bahwa pasukan yang dikirim ke perbatasan Ukraina hanya untuk menggelar latihan militer.

Source : JT, worldrepublicnews