Andalkan Teknologi AI, Haro dalam Serial Gundam Hadir di Dunia Nyata!

Selamat datang di dunia masa depan, ya mungkin inilah yang disebut dengan masa depan. Segala teknologi kini memakai Artificial Intelegence atau kecerdasan buatan.

Jika kita suka menonton gundam pasti tidak akan asing dengan karakter “Haro”. Ia adalah sebuah robot pintar yang bisa bicara dan jalan melompat-lompat.

Dalam setiap seri gundam memilki karakter yang berbeda. Seperti gundam seed Haro yang sering dibawa oleh Lacus Clyne ini menjadi teman setia Lacus kemanapun ia pergi. Beda dengan Haro di serial gundam 00. Haro bertugas untuk menemani Lockon Stratos untuk bertempur dan juga asisten Setsuna di gundam 00.

Dari semua karakter haro dalam serial gundam memiliki bentuk yang sama dengan warna yang berbeda. Mereka semua bisa berbicara layaknya manusia dengan suara khas robot.

Kini, haro tidak hanya di dunia anime/manga saja. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Bandai perusahaan mainan besar asal Jepang membuat haro menjadi kenyataan. Mereka bekerja sama dengan Sony dan juga IBM dalam menciptakan AI robot Haro ini.

Haro dibuat semirip mungkin dengan yang ada di animenya. Ia juga bisa berbicara layaknya manusia dengan suara khas robotnya, ia bisa mengenali suara dan bisa menjawab sesuai dengan database sudah diatur sedemikian rupa.

Mata haro yang khaspun dibuat semrip mungkin seperti aslinya dengan mata led serta mulut led garis seperti di animenya. Ia juga bisa bergerak namun tidak selincah seperti di animenya.

Bagi kita yang ingin memilki Haro untuk menemani hari-hari kita di rumah, kita perlu merogoh kocek sebesar 149.000 Yen (sekitar Rp 17.000.000) saja. Haro bisa menjadi teman sehari dengan mengajak ngobrol denganya ataupun menjadi koleksi para fans gundam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here