Apa Itu Istilah Jepang Barat? Apa Hubungannya dengan Korea Selatan? Simak Berikut!

Jagat maya akhir-akhir ini memang sering menyebut negeri Ginseng yakni Korea Selatan dengan sebutan “Jepang Barat”.

Sebenarnya secara letak geografis, negara yang berada di sebelah barat Jepang tidak hanya Korea namun juga ada China.

Lantas mengapa sebutan Jepang Barat identik dengan Korea Selatan? Apa hubungannya dengan Jepang?

Sebutan Jepang Barat terhadap Korea Selatan sendiri sebenarnya bukanlah sebutan resmi secara  sebutan kenegaraan atau pun secara historis melainkan hanya julukan dari warganet terutama dari netizen Indonesia yang menyebutkan bahwa Jepang Barat adalah Korea Selatan.

Secara sejarah, Korea memang pernah dijajah Jepang namun sebutan Jepang Barat untuk Korea tidak pernah ada.

Julukan Jepang Barat disebut-sebut berasal dari salah satu warganet sejak digelarnya Olimpiade yang berlangsung di Tokyo lalu, akibat negara Korsel yang dianggap melakukan tindakan rasisme terhadap atlet, bahkan identitas negara termasuk Indonesia.

Julukan Jepang Barat pun kian meluas diantara warganet sebagai bahan perundungan negara Korea Selatan bahkan sebutan tersebut pun sempat menduduki trending topic di Twitter.

Bagaimana pun juga sebutan Jepang Barat untuk menjadi bahan olokan terhadap Korea Selatan bukanlah tindakan yang benar. Kata Jepang Barat tersebut kini menjadi berkonotasi negatif terhadap Korea yang dianggap telah melakukan tindakan rasisme.

Sebutan tersebut juga bisa menjadi pengaruh buruk karena telah berkonotasi negatif dan dapat memicu perpecahan diantara warganet itu sendiri.