Apakah Perdana Menteri Jepang Ditunjuk Oleh Kaisar? Lalu Apa Peran Kaisar Dalam Sistem Kenegaraan? Simak Berikut!

Jepang adalah salah satu negara yang menganut sistem pemerintahan yang disebut dengan Monarki Konstitusional dimana kepala negara dipegang oleh Kaisar sementara kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri.

Saat ini sendiri, bisa dibilang bahwa Jepang adalah satu-satunya negara di dunia yang hingga saat ini  masih menganut sistem kekaisaran dalam tatanan negara.

Meski Kaisar adalah posisi tertinggi dalam tatanan negara Jepang, namun Perdana Menteri yang akan memimpin jalannya pemerintahan tidak ditunjuk langsung oleh Kaisar.

Jabatan posisi Perdana Menteri tidak serta merta langsung ditunjuk Kaisar dan langsung memimpin negara, namun harus melalui sejumlah proses.

Perdana Menteri sendiri akan dipilih oleh parlemen dari partai dengan poling paling banyak dipilih oleh rakyat Jepang. Untuk itu, di Jepang juga ada pemilihan umum seperti di Indonesia, namun bukan rakyat yang memilih langsung Perdana Menteri melainkan rakyat akan memilih partai yang akan menjadi parlemen/wakil rakyat, dan parlemen inilah nantinya akan mengusung Perdana Menteri.

Suara usungan dari parlemen terbanyak akan menentukan siapa yang menjadi Perdana Menteri.

Lalu apakah tugas Kaisar? Kaisar bertugas untuk memimpin kenegaraan sebagai simbol negara dan persatuan rakyat. Kaisar juga berperan dalam memberikan arahan/masukan kepada Perdana Menteri yang menjalankan pemerintahan.

Pada zaman dulu, Kaisar masih menjadi pemegang kekuasan militer dan hubungan diplomatik dengan negara luar namun di era modern, kekuasan militer dan diplomasi kini dipegang oleh Perdana Menteri.

Berbeda dengan Perdana Menteri, Kaisar tidak dipilih oleh rakyat/parlemen melainkan berdasarkan garis keturunan Kaisar secara turun temurun. Selain itu, jabatan Kaisar juga dijabat seumur hidup hingga diwariskan ke keturunannya kelak.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here