AS, Australia, India Gelar Pertemuan di Tokyo, China-Rusia Terbangkan Pesawat Pengebom Dekat Wilayah Jepang

Di sela-sela pertemuan Quad summit antara pemimpin negara AS, Australia, India dan Jepang yang digelar di Tokyo, sebanyak 6 pesawat pengebom dari China dan Rusia dikonfirmasi terbang bersamaan di perairan dekat wilayah Jepang.

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, jet tempur asal Rusia dan China tersebut terbang dari pagi hingga sore ketika PM Kishida tengah menyambut pertemuan antara pemimpin negara.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan bahwa jet pengebom dari Rusia dan China tersebut adalah bentuk demonstrasi terhadap pertemuan kepala negara yang berlangsung di Jepang.

“Latihan militer yang dilakukan oleh kedua negara di dekat negara kita selama pertemuan para pemimpin Jepang, Amerika, Australia dan India dimaksudkan sebagai aksi demonstrasi” tutur Menteri Nobuo Kishi..

Quad Summit, keempat pemimpin negara menegaskan akan terus berkoordinasi mempromosikan wilayah Indo-pasifik yang bebas terbuka dan mendukung atas visi yang luas melawan pengaruh China terlebih invasi Rusia ke Ukraina dapat memicu konflik antara China-Taiwan.

Source : mainichi