AS Sebut Sengketa Jepang-China di Pulau Senkaku Adalah Sebuah “Kesalahan”

Pemerintah Amerika Serikat yang membuka suara terkait perselisihan Jepang dan China di pulau Senkaku mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sebuah “kesalahan”. AS sendiri mendukung penuh atas kedaulatan kepulauan Senkaku yang diklaim sepihak oleh China.

“Tidak ada perubahan pada kebijakan AS terkait kedaulatan pulau Senakku” kata juru bicara Amerika John Kirby yang mengacu pada posisi netral atas kepemilikan pulau tersebut.

“AS menentang tindakan sepihak yang berusaha merubah status quo” lanjutnya Kirby dalam konferensi pers.

Meski begitu, dalam konferensi pers Kirby mengatakan bahwa AS bersama dengan komunitas internasional mendukung Jepang atas kedaulatan di pulau Senkaku.

Pernyataan tersebut juga menyambung atas tanggapan Amerika terkait dengan situasi panas anatara Jepang dan China yang tak kunjung usai apalagi ditambah dengan pemerintah China yang melegalkan kapal mereka dilengkapi dengan senjata sangat mengundang kontroversi.

Kirby mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden telah menawarkan jaminan pertahanan kepada Jepang berdasarkan 5 pasal dalam perjanjian bilateral yang juga mencakup kepulauan Senkaku.

Source : mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here