Asik, Jepang Akan Permudah Kedatangan Luar Negeri dengan Mencabut Persyaratan Tes Covid Pra Keberangkatan

Pemerintah Jepang saat ini tengah mempertimbangkan untuk mencabut persyaratan tes covid pra keberangkatan untuk mereka yang telah divaksinasi 3x dan akan menaikan kapasitas harian pendatang dari luar negeri.

Saat ini, pendatang dari luar negeri diharuskan menunjukan hasil negatif covid yang diambil 72 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu, pemerintah juga dikabarkan akan segera menaikan batas kapasitas masuk dari luar negeri dari yang saat ini 20.000/hari akan dinaikan menjadi 50.000/hari pada bulan mendatang.

Langkah ini akan dipertimbangkan pemerintah Jepang sebagai bagian dari pelonggaran pembatasan virus corona. Namun menurut kepala sekertaris kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan langkah ini akan bergantung terhadap situasi dan kondisi Jepang dan di luar negeri.

“Kami akan membuat  keputusan dengan tepat mengingat situasi infeksi dalam dan luar negeri dan langkah pengendalian yang diambil negara-negara besar lain” ucap Hirokazu Matsuno.

Langkah pelonggaran lebih lanjut kemungkinan akan diumumkan hari ini oleh Perdana Menteri Fumio Kishida.

Waktu detail pelonggaran ini masih dalam pertimbangan apakah dengan rencana pelonggaran lebih seperti ini akan memulihkan kembali wisatawan dengan cepat atau tidak mengingat harga minyak global masih tinggi ditengah perang Rusia-Ukraina.

Source : KN