Awas Jangan Kaget! Kadang Toilet di Jepang Tidak Ada Semprotan Cebok!

Jika kamu ke Jepang dan sedang beser, jangan heran jika di toilet Jepang tidak ada keran atau semprotan untuk cebok. Memang tidak semua toilet di Jepang seperti ini. Saat ini sudah banyak juga closet di Jepang yang mengikuti gaya barat, closet duduk yang sudah modern dengan berbagai tombol di sampingnya dan akan mengeluarkan air untuk menyemprot bokong.

Namun jangan heran jika kamu di daerah pedesaan atau pun tempat wisata tua toilet di Jepang berbentuk seperti sendal dan kita harus jongkok jika mau buang air besar.

Berbeda dengan di Indonesia, biasanya ketika kita selesai buang air besar dan akan cebok, ada air dan juga gayung serta sabun untuk membersihkan bokong kita. Meski pun sekarang tidak semuanya seperti ini. Di beberapa tempat, ada juga yang sudah modern dengan tisu dan tombol semprotan.

Di Jepang, jika kamu menemukan toilet seperti gambar di atas, jangan harap ada air karena kamu hanya akan disediakan tisu untuk membersihkan bokongmu. Air dalam toilet hanya digunakan untuk flush dan biasanya ada tombol tersendiri tapi bukan digunakan untuk cebok.

Tisu tersebut juga jangan dibuang sembarangan. Buang saja ke dalam kloset bersama dengan kotoranmu. Jangan khawatir, karena tisu toilet di Jepang dibuat dengan bahan khusus yang bisa larut dalam air sehingga tidak akan membuat saluran closet mampet.

Toilet bergaya jongkok ini sebenarnya telah diterapkan Jepang sejak zaman perang dulu.

Tapi jangan khawatir, meski terkesan toilet tersebut sudah kuno, toilet di Jepang sangat dirawat akan kebersihannya.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Jepang, pastikan kamu sudah biasa memakai tisu saat buang air besar ya guys !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here