Bangga! Kopi Lokal dan Olahan Kakao dari Indonesia Makin Diminati Orang Jepang

Sejak April 2021, Kementerian Perdagangan telah memfasilitasi kontrak kerja sama untuk menggenjot ekspor biji kopi dan kakao salah satunya adalah di pasar Jepang.

Penandatanganan kontrak kerjasama antara PT Arumia Kharisma dari Indonesia dan Mirza Management Co.ltd dari Jepang telah disepakati untuk tercapainya tujuan pemerintah dalam menggenjot ekspor lokal.

Tumbuhnya minat kopi lokal Indonesia dan olahan kakao di pasar Jepang ini terbukti dengan hadirnya sebuah cafe dengan nama “Jalak Coffee and Cacao” di Takamatsu yang menyediakan dan memasarkan secara khusus kopi serta kakao dari Indonesia. Kabarnya, cafe ini telah berdiri sejak beberapa tahun lalu.

Dengan hadirnya cafe seperti ini akan mendukung eskpor dalam negeri serta meningkatkan citra nama Indonesia pada kalangan konsumen Jepang sebagai negara  dengan kualitas kopi dan kakao berkelas.

Menurut data Kementerian Perdagangan sendiri, nilai eskpor kopi dari Indonesia ke Jepang pada 2021 lalu telah meningkat sebesar 14,4% dengan nilai mencapai US$ 6,11 juta.

Indonesia sendiri tercatat sebagai negara ke 4 penghasil kopi di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Colombia dan secara eskpor menduduki peringkat ke 9 memasok sekitar 3% kebutuhan kopi di seluruh dunia.

Nilai perdagangan ini masih dapat terus ditingkatkan bahkan diperluas karena besarnya potensi perdagangan kedua negara.

Source : atdag, kemendag