Bangga! Sekolah Republik Indonesia di Tokyo Kembali Raih Peringkat Akreditasi A dari BAN SM

Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) mendapat peringkat A dalam penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021. Akreditasi A merupakan capaian tertinggi hasil penilaian akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN SM).

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi Kamis (19/10) mengapresiasi capaian tersebut.

“Ini prestasi membanggakan yang harus dipertahankan untuk lebih ditingkatkan ke depannya. Harapan saya, capaian ini bisa menjadi motivasi bagi tenaga pendidik dan para siswa untuk terus berprestasi dan berinovasi. Mengingat SRIT telah diberi mandat memberikan layanan pendidikan jarak jauh untuk wilayah Jepang dan Asia Timur”, ujar Dubes Heri.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Yusli Wardiatno menjelaskan akreditasi A ini merupakan hasil penilaian asesor professional dari BAN SM yang melihat secara langsung proses dan kualitas belajar mengajar yang terjadi di SRIT.

Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN SM) No. 1008/BAN-SM/SK/2021 tertanggal 19 Oktober 2021 tentang Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 menjelaskan bahwa seluruh jenjang pendidikan yang ada di SRIT, yakni SD, SMP dan SMA mendapatkan akreditasi Peringkat A.

Sebelumnya, SRIT yang saat ini dipimpin Kepala Sekolah Saidan juga memperoleh akreditasi A pada tahun 2016.  Durasi visitasi akreditasi ulang SRIT pada tahun 2021 berlangsung selama 4 hari, mulai 27-30 September 2021. Selain kewajiban mengunggah dokumen yang diperlukan pada laman yang telah ditetapkan, proses visitasi juga dilengkapi wawancara asesor dengan kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua siswa, dan siswa. Termasuk juga, pengamatan langsung asesor terhadap proses belajar mengajar di kelas secara virtual.

Source : kemlu