Banjir Kritik, PM Yoshihide Suga Nyatakan Mundur Tak Akan Lagi Mencalonkan Perdana Menteri

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga membuat pernyataan mendadak karena tak akan lagi mencalonkan diri sebagai perdana menteri yang akan dilakukan akhir September nanti.

Seperti yang diketahui bahwa elektabilitas PM Yoshihide Suga anjlok hingga 30%  atas penanganan covid-19 yang dinilai lambat dan tidak memuaskan oleh masyarakat.

Saat konferensi pers, Suga mengatakan bahwa saat ini ia akan terus fokus upaya langkah pencegahan covid-19 dan ia tak akan lagi ikut dalam pencalonan perdana menteri.

“Dibutuhkan energi yang sangat besar untuk menghadapi pandemi dan juga kampanye pemilihan. Saya merasa tidak mungkin melakukan keduanya jadi saya harus memutuskan salah satunya dengan fokus pada pencegahan virus” ucap PM Suga.

Yoshihide Suga sebelumnya diangkat menjadi perdana menteri mengggantikan Shinzo Abe sejak September tahun lalu karena kesehatannya yang memburuk.

Setelah 1 tahun menjabat, PM Yoshihide Suga mendapat banyak kritikan yang intens dari banyak pihak yang dinilai lambat dalam mengambil keputusan untuk mencegah penularan covid-19 termasuk penyelenggaraan  Olimpade ditengah melonjaknya kasus corona di sana.

Keputusan mundurnya dari pemilihan Perdana Menteri tersebut membuat keterkejutan dari partai LDP yang merupakan partai yang berkuasa saat ini yang juga mengusung Yoshihide Suga.

Source : newsonjapan