Batal Hadir di Pembukaan Olimpiade, Presiden Korsel Moon Jae In Ungkap Kekecewaan

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa Presiden asal Korea Selatan Moon Jae In akan hadir dalam acara pembukaan Tokyo Olimpiade di Jepang. Hal ini juga bisa menjadi momentum yang baik demi memperbaiki hubungan kedua negara Korea Selatan dan Jepang.

Kini, staf pejabat Kepresidenan Korea Selatan mengkonfirmasi bahwa Presiden Moon tidak akan hadir dalam pembukaan tersebut.

Meski begitu, diskusi politik dengan PM Yoshihide Suga dikabarkan akan tetap diadakan dalam waktu dekat karena Presiden Moon telah menginstruksikan pejabat pemerintah untuk menggelar pertemuan.

Menurut Kepala Sekertaris Kabinet Kepresidenan Korea Selatan Park Soo Hyun mengatakan bahwa kedua pemimpin negara telah membahas terkait dengan kunjungan Presiden Moon namun tidak memberikan rincian yang detail.

Park mengatakan batalnya kunjungan Presiden Moon untuk menghadiri pembukaan Olimpiade tidak ada keterkaitan dengan kasus pernyataan tak pantas dari seorang diplomat Jepang yang akhir-akhir ini viral.

Namun Park menegaskan bahwa pihak Korea Selatan juga tidak dapat mengabaikan sentimen publik atas pernyataan tersebut.

Beberapa wakut lalu Hirohisa Soma, salah seorang kedutaan besar Jepang di Seoul memberikan pernyataan yang mengundang kontroversi warga Korea Selatan. Ia mengatakan bahwa Presiden Moon sedang dalam situasi tarik ulur dengan dirinya sendiri atas hubungan yang berantakan dengan pemerintah Jepang. Hal tersebut pun membuat warga Korea Selatan geram.

Source : NHK