Benarkah Bendera Rising Sun Adalah Bendera Nasional Jepang Zaman Dulu yang Kini Sudah Tidak Dipakai? Simak Berikut!

Seringkali kita melihat sebuah bendera merah dengan garis-garis putih sinar di sekeliling sebuah lingkaran merah yang sangat identik dengan negara Jepang.

Ya, bendera tersebut bernama “Rising Sun Flag” atau di Jepang disebut dengan “Kyokujitsu-ki” merupakan bendera nasional Jepang di tahun 1870-an.

Pada abad ke 19, lambang bendera tersebut digunakan oleh militer Jepang yang saat itu sedang menajajah berbagai negara di kawasan Asia termasuk Korea, sebagian wilayah China dan juga Indonesia.  

Disinilah bendera tersebut mendapat memori yang sangat tragis bagi para negara yang pernah dijajah Jepang atas kekejaman militer Jepang semasa perang dunia dulu.

Bendera ini juga sangat dibenci bagi warga Korea karena lambang bendera tersebut menyimpan kenangan yang sangat mencekam bagi negaranya dan dendam tersebut masih mengikat di sebagian masyarakat Korea hingga saat ini.

Beberapa waktu lalu, Jepang yang seharusnya tahun 2020 menggelar olimpiade, dikabarkan akan memakai bendera tersebut namun langsung dikecam oleh Korea Selatan.

Lalu, apakah bendera tersebut masih dipakai hingga saat ini? Ya bendera tersebut sampai saat ini masih dipakai namun bukan digunakan sebagai bendera nasional Jepang melainkan sebagai lambang pertahanan militer (JSDF) angkatan laut Jepang.

Saat ini, bendera yang menjadi lambang negara Jepang adalah bendera Nisshoki atau yang umum dikenal dengan nama “Hinomaru”.

Bendera tersebut memiliki lingkaran berwarna merah yang melambangkan matahari dan dikelilingi oleh warna putih polos seperti yang kita kenal saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here