Benarkah Orang Jepang Hanya Mandi 1x Dalam Sehari? Simak Berikut!

Mandi, dalam setiap negara mungkin memiliki budaya yang berbeda-beda. Seperti halnya di Indonesia.

Orang Indonesia sendiri umumnya mandi 2x sehari. Biasanya dilakukan saat pagi hari sebelum bekerja/sekolah dan sore ketika sudah pulang sekolah/kerja dan selesai beraktivias.

Tidak jarang juga kita yang sering diejek karena mandi hanya 1x dalam sehari. Dalam budaya Indonesia sendiri mandi menjadi gambaran kebersihan. Orang yang rajin mandi dianggap adalah orang yang bersih dan rapih.

Beda halnya dengan budaya mandi di Jepang. Orang Jepang umumnya hanya mandi 1x dalam 1 hari.

Berendam di malam hari di Jepang disebut dengan “Ofuro” atau berendam air panas bathup bathup. Umumnya mandi tersebut dilakukan pada jam malam hari bahkan hingga tengah malam.

Saat pagi hari untuk memulai aktivitas, orang Jepang biasanya hanya mencuci muka dan sikat gigi saja.

Mengapa demikian? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut menjadi kebudayaan di Jepang.

Orang Jepang menganggap bahwa mandi di malam hari adalah penutup aktivitas di hari tersebut. Mereka menganggap pagi hari setelah bangun tidur badan mereka tidak beraktivitas dan tidak perlu mandi.

Budaya tersebut dilakukan secara turun-temurun hingga menjadi kebiasaan rutin dalam hidup di Jepang.

Hal lain yag membuat orang Jepang mandi 1x dalam sehari adalah pengaruh dari iklim. Jika saat musim panas udara sangat lembab dan merasakan efek cuaca pada malam hari. Di musim dingin orang jarang mengeluarkan keringat dan mandi hanya untuk menghangatkan badan saja.

Hal lainnya yang mempengaruhi adalah biaya air yang mahal jika terlalu sering mandi maka pengeluaran biaya air akan semakin besar.

Nah itulah tadi mengapa orang Jepang hanya mandi 1x dalam sehari. Kalau kamu mandi 1 hari berapa kali Mina?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here