Bertemu di London, Pemerintah Jepang dan Korsel Ingin Adanya Pemulihan Hubungan Antar Kedua Negara

Usai hubungan yang memanas dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah kedua negara lewat Kementerian Luar Negeri Jepang dan Korea Selatan bertemu di London dalam rangka diskusi negara G7.

Meski Korea Selatan, India, Australia dan beberapa negara di Asia Tenggara yang bukan termasuk dalam organisasi G7 juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan kali ini membuat Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chug Eui Yong pertama kalinya bertemu usai meregangnya hubungan Korsel dan Jepang yang memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Tetap pada pendiriannya, Jepang mendesak pemerintah Korea Selatan segera mengambil solusi yang terbaik yang dapat diterima Jepang persoalan kompensasi tenaga kerja yang hingga kini belum juga selesai.

Menteri Chung sangat menyayangkan usai pemerintah Jepang yang berencana akan melepaskan air yang terkontaminasi nuklirnke laut tanpa melibatkan diskusi dengan negara-negara sekitar yang juga adalah Korea Selatan.

Namun Menteri Motegi menjawab bahwa Jepang akan terus berkoordinasi dengan Korea Selatan terkait dengan masalah tersebut.

Sejak pertengahan April lalu, Presiden Moon Jae In telah menginstruksikan jajarannya untuk secara aktif memantau dan membawa keputusan Jepang ke Pengadilan Internasional Hukum Laut demi menghentikan rencana tersebut.

Meski dalam beberapa tahun terakhir hubungan antara Korsel dan Jepang terus keruh, namun pada pertemuan di Londong tersebut terlihat kedua negara ingin meningkatkan memulihkan hubungan bilateral kedua negara.

Source : mainichi