Bisnis Restoran di Jepang Mulai Ujicoba Berlakukan Bukti Vaksinasi Bagi Pengunjung

Sesuai dengan instruksi pemerintah mulai bulan ini, pemerintah akan memulai berlakukan penunjukan bukti vaksinasi bagi pengunjung di berbagai tempat publik di 13 prefektur demi mencegah penyebaran virus corona.

Beberapa tempat publik seperti stadion olahraga, tempat pertunjukan, tempat wisata dan tempat publik lain kini tengah diujicoba apakah pemeriksaaan bukti vaksinasi atau hasil tes negatif covid bagi pengunjung dapat dilakukan dengan lancar.

Ujicoba ini juga akan memverivikasi prosedur pencegahan virus dengan langkah-langkah memasukan  data semua pengunjung.

Ujicoba ini mulai diberlakukan usai pemerintah yang mencabut status darurat corona menyusul angka harian penyebaran virus turun secara signifikan.

Kini dengan bertahap, pemerintah mulai menggerakan kembali aktivitas ekonomi nasional yang terpuruk akibat adanya pembatasan virus corona.

Penerapan ujicoba ini juga dilakukan sebagai tindakan preventif meski status darurat telah dicabut namun protokol akan tetap ketat demi mencegah gelombang berikutnya penyebaran infeksi corona.

Pemerintah juga akan melonggarkan  pembatasan kapasitas di acara publik dari yang semula tidak melebih 5000 orang dan 50% dari kapasitas, saat percobaan pertandingan sepak bola di Prefektur Aichi telah menerima penonton lebih dari 10.000 orang dengan pembatasan yang ketat.

13 Prefektur yang mencakup ujicoba pembuktian vaksin diantaranya Hokkaido, Saitama, Chiba, Kanagawa, Aichi, Ishikawa, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Fukuoka, Kumamoto, and Okinawa

Source : KN