Bisnis Telekomunasi Menurun, Softbank Buat Layanan Sewa Berlangganan Mobil Bekas dengan AI

Softbank Corp, perusahaan teknologi Jepang yang juga bergerak dalam bisnis jaringan telekomunikasi namun belakangan ini tak berjalan dengan baik akibat adanya peraturan biaya telekomunikasi murah dari pemerintah.

Softbank dikabarkan meluncurkan sebuah layanan baru dimana orang dapat menyewa mobil dengan sistem berlangganan dengan tarif tetap setiap bulan. Layanan ini menjadikan diversifikasi bisnis  Softbank.

Layanan dibawah naungan Softbank ini diberi nama Carro Japan Corp yang juga hasil kerjasama dengan pengecer mobil bekas online dari Singapura bernama Trusty Cars Pte Ltd.

Softbank yang juga dikenal dengan perusahaan teknologi akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisis pasar mobil bekas, sehingga mobil yang ditawarkan pada konsumen adalah mobil bekas dengan pilihan yang terbaik.

Menurut Softbank, bisnis ini dapat membawa keuntungan ditengah saat ini pasar mobil baru tertunda akibat kekurangan chip global sehingga permintaan akan kendaraan bekas akan menjadi peluang yang baik.

Model bisnis seperti ini sebenarnya bukan yang baru di Jepang. Pabrikan mobil Toyota dan Honda pun telah meluncurkan layanan berlangganan mobil bekas yang serupa.

Namun, dengan pelebaran bisnis ini, Softbank yakin dapat menjadi peluang yang bagus ditengah menurunnya bisnis ponsel akibat adanya kebijakan dari pemerintah untuk menurunkan biaya telekomunikasi.

Source : JT