Bukan Main! Jepang Siap Jadikan Indonesia Hub Ekspor Produk Manufaktur ke Negara Maju

Kunjungan kerja Menteri Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang ke Jepang mendapat respon baik dari sejumlah pimpinan perusahaan manufaktur di Jepang yang siap investasi di Indonesia.

“Kami mendapatkan komitmen para prinsipal otomotif Jepang untuk pengembangan industri otomotif dalam negeri agar lebih berdaya saing global. Jepang siap jadikan Indonesia hub ekspor produk manufaktur untuk masuk ke pasar negara maju” ucap Agus Gumiwang usai melakukan serangkaian pertemuan dengan produsen otomotif seperti Toyota, Mitsubishi, Honda, Suzuki dan Mazda pada 10-11 Maret 2021.

Selain itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga menyampaikan bahwa salah satu perusahaan alas kaki ternama di Jepang ASICS telah memberikan sinyal positif akan berkomitmen untuk membangun dan merelokasi pabrik mereka di China akan pindah ke Tegal, Pemalang dan Cirebon dan diharapkan akan menyerap setidaknya hingga 12.000 tenaga kerja.

Kunjungan kerja Menteri Agus Gumiwang ini adalah sebagai roadshow pemerintah Indonesia demi pemulihan ekonomi nasional. Saat ini sendiri, Jepang adalah salah satu mitra yang paling kuat dan strategis bagi Indonesia khususnya di bidang ekonomi. Selama bertahun –tahun sudah Jepang menjadi investor kedua terbesar bagi Indonesia.

Perusahaan otomotif terbesar di Jepang Toyota, dikabarkan siap berkomitmen investasi sebesar Rp 28,3 Trilyun hingga 2023, sedangkan Mitsubishi siap melakukan ekspansi pabrik di Indonesia dengan nilai investasi sebesar Rp 11,2 Trilyun hingga 2025.

Berbagai raksasa produsen otomotif seperti Mitsubishi, Honda, Suzuki dan Toyota sangat menyambut baik kebijakan pemerintah Indonesia yang dirasa sangat membantu investor asing khususnya relaksasi PPnBM. Kini komitmen berbagai perusahaan otomotif besar tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia termasuk perluasan ekspor ke negara maju.

Selain itu, produsen otomotif tersebut juga akan mengembangkan berbagai kendaraan listrik demi menyambut masa depan yang bebas polusi.

Source : kemlu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here