Bukan Main! Patroli Penjaga Keamanan di Gedung Pemerintah Tokyo Kini Pakai Robot

Robot dengan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence kini menjadi andalan bagi para pengembang teknologi agar bisa memudahkan pekerjaan manusia di masa depan.

Jepang, negara dengan pencipta teknologi handal memang tak pernah habis akal dalam membuat inovasi teknologi.

Salah satunya adalah robot yang disebu dengan SQ-2 buatan Seqsense. Jika orang awam maka akan melihat robot ini sebagai robot pembersih otonom ketika lalu-lalang. Namun robot ini berfungsi sebagai patroli kemanan dengan disematkan AI.

Robot ini akan secara otomatis berpatroli dan merekam di setiap sudut wilayah patroli dan melaporkan langsung ke personel kemanan manusia yang berjaga di kantor pusat jika terjadi sesuatu.

SQ-2, ditugaskan untuk berpatroli di gedung pemerintahan Tokyo sejak 11 Agustus lalu.

Robot ini juga mampu menjawab pertanyaan umum jika ditanyai pengunjung.

Jika baterai hampir habis, robot ini akan segera kembali ke  port pengisian daya dan selama mengisi daya robot ini akan tetap bisa memantau sekitarnya.

Meski begitu, robot ini juga menuai kontroversi dan solusi. Jika robot bisa menangani semua tugas maka akan mengganti seluruh pekerjaan bidang keamanan akan membawa dampak buruk bagi masalah sosial dan ekonomi.

Namun di sisi lain sistem robot ini juga akan menjadi solusi bagi Jepang yang kekurangan tenaga manusia dalam patroli keamanan. Meski begitu, robot ini juga menuai kontroversi dan solusi.