Bukan Main! Peneliti dari Jepang Kini Kembangkan Penelitian Produksi Makanan di Bulan

Saat ini memang telah banyak peneliti dari berbagai dunia yang ingin lebih eksplor lebih jauh tentang Bulan.

Tak terkecuali pemerintah Jepang dan Badan Antariksanya yang mengumumkan bahwa mereka akan menggandeng perusahaan swasta makanan untuk mengembangkan penelitian agar bisa memproduksi makanan berkelanjutan di bulan.

Penelitian ini akan menggandeng puluhan badan institusi termasuk Japan Aerospace Exploration Agency, NTT Corp, Ajinomoto Co dan perusahaan swasta lain.

Tak hanya itu, beberapa perusahaan startup seperti bio-venture Buglena Co juga termasuk dalam proyek pembuatan makanan di bulan ini.

Tujuan proyek ini sebenarnya tidak lain untuk memenuhi permintaan pasokan makanan di bulan dalam misi jangka panjang bagi para kru yang ditugaskan ke luar angkasa sehingga tidak perlu lagi membawa makanan dari bumi.

Studi ini memungkinkan peneliti mengembangkan sebuah teknologi agar bisa menanam hingga panen di Bulan dimana suhu disana mencapai 100 derajat celcius

Dengan penelitian seperti ini, perjalanan jangka panjang untuk mengeksplorasi Bulan semakin terbuka.

Negara-negara seperti Amerika, China, Jepang dan beberapa negara lain yang dipimpin NASA bersama-sama terus berupaya agar bisa menguraikan eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya di luar angkasa termasuk di Bulan.

Source : mainichi