Buntut Panjang dari Pernyataan Ketua Penyelenggara Tokyo Olimpiade, Panitia Akan Gelar Rapat Terbatas

President of the Tokyo 2020 Organising Committee, Yoshiro Mori delivers a speech during a ceremony celebrating one year out from the start of the summer games in front of Tokyo Station in Tokyo, Japan July 24, 2019. REUTERS/Issei Kato

Panitia penyelenggara Tokyo Olimpiade berencana akan mengatur pertemuan antara para pemimpin penyelenggara terkait dengan pernyataan ketua olimpiade Yoshiro Mori yang menuai kontroversi akhir-akhir ini.

Sebelumnya, mantan Perdana Menteri Jepang tersebut membuat publik geram dengan pernyataannya yang mengatakan bahwa wanita “terlalu banyak bicara” yang seharusnya tidak dilontarkan oleh orang dengan jabatan tinggi.

Hal tersebut pun membuat reaksi publik yang menginginkan Yoshiro Mori diganti sebagai ketua penyelenggara Tokyo Olimpiade.

Mori pun telah meminta maaf kepada publik dan menarik kembali kata-kata akan pernyataannya tersebut. Presiden IOC Thomas Bach pun telah mengatakan bahwa permintaan maaf Mori sudah cukup untuk menyelesaikan masalah ini.

Rapat terbatas antara para pengurus dan dewan pengurus rencananya akan digelar Jumat (12/2) mendatang.

Dewan eksekutif dan anggota pengurus termasuk mantan atlet rencananya akan turut dalam rapat tersebut untuk membahas diskusi dari berbagai perpektif.

PM Yoshihide Suga dan Gubernur Tokyo Yuriko Koike yang turut membuka terkait pernyataan Ketua Mori yang disebut tak pantas dilontarkan, memilih enggan untuk ikut campur terkait dengan publik yang menginginkan Mori mundur dari jabatannya.

Hingga saat ini, petisi yang berisi tanda tangan menginginkan Mori mundur telah mencapai lebih dari 140.000 tanda tangan secara online.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here