Buset Mantap! Sambut Masa Depan, Jepang Siap Bikin Aturan Lalu Lintas Mobil Terbang Tahun 2022

Pernahkah terpikir di benak kita jika suatu saat di masa depan seluruh kendaraan akan beralih dari darat ke udara dengan kapasitas yang lebih kecil dari pesawat? Sebentar lagi akan menjadi kenyataan!

Kementerian Transportasi Jepang Kazuyoshi Akaba mengatakan bahwa pemerintah siap merancang aturan lalu lintas mengenai mobil terbang pada 2022 yang kemungkinan akan berlaku pada 2023.

Langkah ini sebagai dukungan bagi pemerintah dalam perkembangan mobil terbang yang telah berhasil dikembangkan oleh Startup teknologi Jepang Sky Drive Inc.

Rencananya, mobil terbang ini akan bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk keperluan transportasi di pedesaan ataupun bantuan bencana yang sulit dijangkau jalur darat.

“Kami akan melanjutkan kolaborasi antara swasta dan pemerintah dalam upaya untuk memajukan dunia teknologi dan lingkungan yang diperlukan” kata Akaba.

Seperti di Prefektur Mie, yang berminat menggunakan layanan transportasi udara ini untuk menarik wisatawan telah menyerukan kepada pemerintah pusat untuk meminta persetujuan terkait aturan yang jelas penggunaan mobil terbang ini.

Pada Agustus 2020 lalu, sebuah mobil terbang besutan perusahaan startup Jepang SkyDrive Inc telah berhasil di ujicoba dan rencananya akan dipakai untuk keperluan transportasi wisata dan kargo di masa depan.

Mobil terbang tersebut berhasil diujicoba terbang dengan 1 awak dengan terbang dan landing secara vertikal sehingga tidak perlu track untuk terbang. Sky Drive mengatakan bahwa mobil terbang tersebut tidak perlu track lepas landas yang luas agar mobil ini bisa terbang karena konsepnya mirip seperti drone.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here