Canggih! Banyak Perusahaan di Jepang Kini Andalkan AI dalam Proses Wawancara Perekrutan Karyawan

Sudah tak bisa dipungkiri di masa depan nanti akan banyak sekali teknologi AI atau kecerdasan buatan  yang mengelilingi kegiatan aktivitas kita sehari-hari.

Hal ini pun berlaku pada perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk membantu menemukan orang yang tepat untuk bekerja di perusahaan mereka.

Saat ini sendiri, telah dimulai beberapa perusahaan Jepang telah beralih menggunakan AI untuk melakukan wawancara dengan pelamar kerja demi mendapatkan karyawan yang akan mengisi jabatan marketing.

Menurut perusahaan penyedia AI di Jepang yakni Talent & Assessment Inc yang berkantor di Tokyo, saat ini setidaknya sudah ada 300 perusahaan di Jepang yang menggunakan layanannya.

T&A juga mengatakan bahwa setidaknya sudah ada 20.000 orang yang telah diwawancarai dengan AI dari berbagai perusahaan yang menggunakan layanannya.

Salah satunya adalah perushaaan penyedia makanan Matsuya Food Holding Co, yang menggunakan AI untuk membantu mewawancara calon pekerja demi melihat dimanakah posisi yang tepat untuk perusahaan.

Sistem AI sendiri mengandalkan sebuah data yang di input oleh manusia sehingga tak heran jika kemampuan AI tersebut juga memiliki batasan. Dalam teknisnya, sistem AI akan mengeluarkan serangkaian pertanyaan dan mencatat setiap jawaban yang masuk oleh calon pekerja.

Data tersebut kemudian dievaluasi berdasarkan 10 kategori kualifikasi seperti yang dicari perusahaan dengan hasil akhir nilai skor pada beberapa aspek. Selanjutnya pihak dari perusahaan akan memilih kandidat yang cocok berdasarkan skor yang dihasilkan.

Penggunaan sistem AI ini sebenarnya juga mendapat kritik dari banyak pihak karena bagaimanapun juga tetap diperlukan tenaga manusia untuk membuat keputusan akhir.

Namun sistem AI ini merupakan satu kemajuan baru dalam cara perekrutan karyawan dengan memanfaatkan teknologi.

Source : asahi