Canggih Betul! Startup di Jepang Bikin Alat yang Bisa Jernihkan Air Bekas Bisa Diminum di Kondisi Darurat

Saat ini memang tengah banyak sekali perusahaan startup yang mengembangkan produk agar bisa berguna dalam kehidupan manusia.

Seperti halnya perusahaan startup di Jepang bernama Wota Corp yang hadir dengan mengembangkan sebuah alat agar mengubah air bekas pakai menjadi air yang bisa layak kembali diminum manusia.

Alat seperti ini tentunya akan sangat berguna di kondisi darurat seperti penduduk yang terkena bencana alam sehingga pasokan air bersih akan terganggu.

Dalam sistem kerjanya, alat buatan WIta ini mampu mendaur ulang air yang sudah dibuang setelah dipakai mandi atau cuci tangan atau pun bekas cucian hingga kembali jernih dan bisa kembali digunakan.

Kabarnya alat tersebut juga disematkan kecerdasan buatan dan menjadi salah satu solusi air minum ketika saluran air terputus.

Alat ini berukuran tidak terlalu besar. Alat ini sebenarnya telah dikembangkan sejak tahun 2019 lalu.

Alat ini juga pernah dipakai ketika adanya bencana gempa bumi di Kumamoto pada 2016  dan menjadi salah satu sumber air di pusat evakuasi warga.

Namun, alat ini butuh orang yang berpengalaman agar bisa dioperasika sehingga jika tidak ada teknisinya alat ini tidak bisa digunakan sembarangan. Itulah mengapa wota menyematkan kecerdasan buatan dalam alat ini.

Source : KN