Canggihnya Jepang, Gunakan Teknologi Telenursing untuk Pantau Keadaan Pasien Corona dari Jarak Jauh

photo by kyodonews

Penambahan pasien corona yang terus bertambah membuat tenaga medis kewalahan dalam menangani pasien yang kian membludak.

Kini, otoritas rumah sakit Jepang telah menggunakan sebuah perangkat pemantau jarak jauh, atau yang disebut dengan “Medical Remote” semacam telenursing untuk mengawasi pasien yang telah dinyatakan terinfeksi virus corona yang sedang dikarantina di rumah maupun di hotel yang telah ditunjuk pihak medis.

Pasien yang dirawat nantinya akan memakai peralatan canggih seperti alat seperti kemeja untuk mengukur jantung secara otomatis, pelacakan fungsi pernapasan dan lain sebagainya.

Tomoko Kamei, seorang profesor yang juga turut dalam mengembangkan telenursing ini mengatakan bahwa jika teknologi digunakan secara penuh, maka dinilai akan efektif dalam mengurangi beban tenaga medis dan juga mengurangi resiko infeksi tenaga kesehatan dari pasien yang telah terpapar virus.

Rupanya, peralatan medis tersebut bekerja sama dengan perusahaan raksasa Jepang seperti Mitsufuji Corp yang membuat pakaian pasien menggunakan benang khusus, agar bisa menghantarkan listrik, sehingga sensor kecil untuk mengukur detak jantung pasien dapat diukur secara real time.

Mereka juga bekerja sama dengan Paramount bed yang memproduksi kasur pasien yang dilengkapi dengan berbagai sensor canggih dibawahnya untuk memantau pasien.

Data kesehatan pasien tersebut nantinya dikirimkan kepada tenaga medis untuk dianalisa lebih lanjut dan diberikan tindakan jika diperlukan.

Selain itu, ada juga alarm otomatis yang akan memberi tahu tenaga medis jika ada pasien yang jatuh dari kasur atau pun kejadian berbahaya lainnya.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here