Capai 50% dari Total Penduduk, Jepang Yakin Selesaikan Vaksinasi November Mendatang

Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan bahwa vaksinasi dengan 2 kali dosis kini telah menyentuh 50% dari total keseluruhan penduduk Jepang hingga tingkat persentasi mendekati negara Eropa seperti Inggris dan Prancis.

“Jika vaksinasi terus bergerak maju, kita bisa capai 60% pada akhir bulan ini” ucap Yasutoshi Nishimura.

Pada awalnya, Jepang merupakan salah satu negara yang tertinggal dalam menginokulasi  warganya hingga membuat ekonomi terus merosot namun telah berhasil membuat kemajuan cepat dalam program vaksinasi.

Di Amerika, kini sebanyak 53% populasinya telah menerima dosis penuh vaksin covid-19 sementara Singapura telah mencapai 80% dari penduduknya telah menerima dosis vaksin lengkap.

Saat ini, pemerintah Jepang terus menggencarkan vaksinasi demi bisa mencapai target menyelesaikan seluruh vaksinasi penduduk pada November mendatang.

Sejak Februari lalu, Jepang telah memulai vaksinasi yang dimulai dari tenaga medis dan dilanjutkan dengan penduduk lansia hingga masyarakat umum.

Meski saat ini tenaga medis masih harus berjuang untuk merawat pasien, kasus varian virus Delta yang lebih menular telah mengalami penurunan.

Menurut pemerintah, pemberlakuan status darurat akan terus diperpanjang di 18 prefektur. November mendatang, pemerintah akan canangkan skema pelonggaran pembatasan virus corona melihat situasi dan kondisi.

Source : abc, kyodonews