CDC Larang Warga Amerika Kunjungi Jepang Ditengah Munculnya Varian Virus

US CDC (Center for Disease Control and Prevention) kini memperbaharui peraturan bagi warga AS untuk menghindari perjalanan ke Jepang usai negeri Sakura tersebut masuk dalam negara dengan resiko level 4 covid-19.

Aturan CDC Amerika tersebut dibuat setelah evaluasi terbaru terkait situasi dan kondisi penyebaran virus corona di Jepang.

Saat ini sendiri, pemerintah Jepang terus menerima kritik akan lambatnya dalam pemberian vaksin kepada masyarakat apalagi ditengah sebentar lagi akan dimulainya Tokyo Olimpiade.

Atlet yang akan berlaga di Olimpiade nanti baru akan mulai di vaksin pada Juni mendatang.

“Bagi setiap orang yang telah menyelesaikan vaksinasi mungkin juga akan beresiko terinfeksi dan menyebarkan varian baru virus untuk itu semua harus menghindari perjalanan ke Jepang” ucap pejabat CDC.

Beberapa faktor yang membuat CDC melarang warga AS untuk ke Jepang adalah rendahnya laporan infeksi Jepang sehingga membuat negara tersebut dinilai memiliki kapasitas tes yang rendah hingga tidak akuratnya angka penambahan kasus ditengah munculnya varian virus baru.

CDC juga memperingatkan bagi warganya yang tidak memilik residen dan kini tinggal di Jepang agar sebaiknya segera meninggalkan Jepang. .

Hal ini menimbulkan keraguan bagi atlet Amerika yang nantinya akan turut serta dalam Olimpiade musim panas mendatang.

Saat ini sendiri, pemerintah Jepang masih melarang kedatangan dari luar negeri kecuali mereka yang memiliki izin tinggal dan juga berkepentingan khusus seperti bisnis atau pun kenegaraaan.

Source : KN, SN24