Cegah Kekurangan Tenaga Kerja, Seven Eleven Japan Akan Berikan Fasilitas Lebih Pada Pekerja Asing

Di tengah krisis tenaga kerja di Jepang, salah satu perusahaan retail Amerika yang kini dipegang perusahaan Jepang yakni Seven Eleven Co mengatakan akan memberikan dukungan kehidupan pribadi berupa fasilitas untuk para pekerja khususnya asing demi mempertahankan mereka.

Saat ini, menurut data Seven Eleven setidaknya mereka telah memperkerjakan sebanyak 37.000 orang asing yang terdiri dari pekerja tetap dan non tetap (part time).

Sebanyak 9,5% dari total staf yang bekerja di Seven Eleven adalah pekerja vital yang mengoperasikan gerai mereka yang tersebar di seluruh Jepang.

Nantinya, Seven Eleven akan mendata seluruh informasi pribadi pekerja asing yang mencakup kebangsaan, riwayat pekerjaan, dan data pribadi lainnya demi meningkatkan kredibilitas mengajukan permohonan kartu kredit, sewa perumahan dan layanan lainnya.

Selain itu, perusahaan juga  dikabarkan akan memberikan pilihan pelatihan untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan di sektor distribusi dan teknologi informasi.

Ini merupakan salah satu bentuk fasilitas yang diberikan perusahaan untuk para pekerja asing dalam kehidupan pribadi mereka.

Perusahaan induk Seven Eleven yakni Seven & i Holding Co akan bekerja sama dengan 5 perusahaan lain agar bisa memberikan fasilitas pengajuan yang lebih mudah seperti menyewa rumah untuk para pekerja asing Seven Eleven.

Dukungan semacam ini bertujuan agar para pekerja asing yang umumnya adalah non tetap mendorong mereka agar bisa menetap di Jepang dan bisa bekerja lebih lama.

Source : nippon