Cegah Penularan Virus, Perpustakaan di Jepang Siapkan Kotak Ultra Violet demi Membunuh Bakteri

A man wearing a protective mask, amid the coronavirus disease (COVID-19) outbreak, uses a ultraviolet sterilising machine cleaning a library book he rents at Narimasu library in Itabashi district in Tokyo, Japan, December 9, 2020. REUTERS/Kim Kyung-Hoon - RC2KJK9MWMWG

Pandemi corona yang membuat banyak aktivitas masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru mengharuskan masyarakat harus patuh terhadap protokol kesehatan demi mengurangi risiko penyebaran virus.

Kebiasaan baru ini juga berubah di perilaku meminjam buku di Jepang yang menggunakan box ultraviolet demi membunuh virus.

Buku yang akan dipinjam atau dikembalikan harus melewati tahap pensterilisasian di kotak ini. dengan waktu 30 detik saja kotak ini secara otomatis mengeluarkan sinar ultraviolet yang diklaim dapat membunuh kuman dan virus.

Kebiasaan baru ini telah diterapkan di perpustakaan Narimasu di Distrik Itabashi Tokyo. Perpustakaan ini sebenarnya telah menerapkan kebiasaan itu sejak 2018 lalu namun sejak adanya pandemi penggunaan mesin box ultraviolet meningkat hingga 3 kali lipat.

Selain buku yang akan dipinjam, para pembaca buku di perpustakaan juga diwajibkan memasukan buku yang akan di baca di perpustakaan untuk dibawa ke box ini sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran virus.

Pengelola perpustakaan mengatakan bahwa pengunjung perpustakaan yang banyak dikunjungi oleh orang tua menjadi kekhawatiran tersendiri jika terinfeksi virus corona karena umurnya yang sudah rentan terpapar virus.

Mesin ini diharapkan menjadi kebiasaan baru bagi siapa saja yang sering mengunjungi perpustakaan agar mensterilkan buku yang dibaca demi mengurangi penyebaran virus.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here