China dan Korsel Kecam Keras Rencana Pemerintah Jepang yang Akan Buang Limbah Nuklir ke Laut Lepas

Pemerintah Jepang dikabarkan akan segera melepaskan lebih dari 1 juta ton air yang terkontaminasi radioaktif pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima ke laut lepas.

Hal ini pun mengundang reaksi negatif dari negara tetangganya yakni Korea Selatan dan juga China terkait rencana Jepang tersebut.

“Tindakan ini sangat tidak bertanggung jawab dan akan merusak kesehatan dan keselamatan publik internasional serta kepentingan vital orang-orang di negara tetangga” kata Kementerian Luar Negeri China.

Korea Selatan juga menyatakan tidak setuju atas keputusan pemerintah Jepang akan berdampak secara langsung atau pun tidak bagi keselamatan orang dan lingkungan sekitar.

Selain itu, Taiwan juga menyayangkan atas rencana pemerintah Jepang tersebut karena dapat mencemari lingkungan.

Keputusan pemerintah Jepang ini juga mendapat kecaman dari nelayan Fukushima yang mengatakan bahwa jika limbah tersebut dibuang ke laut maka akan berdampak pada industri perikanan.

Pemerintah Jepang mengatakan bahwa pelepasan air yang telah terkontaminasi tersebut diperlukan untuk membongkar kompleks pembangkt listrik nuklir di Fukushima yang kini tidak bisa beroperasi akibat adanya gempa dan tsunami tahun 2011.

Dengan total hampir 1,3 juta ton air yang sudah terkontaminasi nullir, biaya penampungan air tersebut mencapai Rp 13 trlyun setiap tahunnya dan kini penampungan tersebut sudah hampir habis .

“Melepaskan air ini adalah tugas yang tidak dapat dihindari untuk menghentikan PLTN di Fukushima dan merekonstruksi daerah Fukushima” ucap PM Jepang Yoshihide Suga.

Source : reuters, jubi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here