Coe Mendesak Jepang Untuk Tidak Terburu-buru Mengambil Keputusan Mengenai Penonton Untuk Acara Olimpiade

Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe pada hari Kamis (19/03/2021) mendesak penyelenggara Olimpiade Tokyo yang ditunda akibat virus Corona untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan apakah akan mengizinkan penonton untuk menghadiri acara.

Penonton telah diberitahu untuk menjauh dari upacara awal “sederhana” minggu depan dan leg pertama estafet nasional, yang ditunda setahun lalu ketika Olimpiade ditunda karena wabah COVID-19.

Upacara itu dilakukan menjelang keputusan apakah penonton dari luar negeri akan diizinkan memasuki Jepang untuk Olimpiade yang ditunda, diharapkan akan diambil sebelum estafet obor dimulai pada 25 Maret.

Laporan minggu lalu menunjukkan pemerintah Jepang akan melarang penonton dari luar negeri karena kekhawatiran peningkatan infeksi.

Meskipun ada lonjakan infeksi pada musim dingin ini, Jepang telah mengalami wabah yang relatif kecil secara keseluruhan dengan sekitar 8.700 kematian, dan telah menghindari lockdown menyeluruh yang terlihat di negara lain.

“Tentu saja saya ingin stadion dihadiri orang-orang,” kata Coe setelah pertemuan dewan Atletik Dunia virtual. “Itu penilaian yang harus seimbang. Yang paling penting adalah kami membawa para atlet ke Olimpiade, mereka adalah grup klien nomor satu.”

Coe, yang memenangkan dua medali emas Olimpiade 1500 meter untuk Inggris, adalah ketua panitia penyelenggara Olimpiade London 2012, yang secara luas dianggap sebagai salah satu Olimpiade yang paling banyak dihadiri dalam sejarah.

“Saya tidak tahu kapan keputusan akan dibuat mengenai kapan penonton diizinkan masuk,” katanya tentang Olimpiade Tokyo, yang akan menampilkan lebih dari 11.000 atlet dari 23 Juli-8 Agustus.

“Saya berharap ini tidak dibuat terlalu dini karena saya tidak melihat alasan mengapa keputusan perlu dicekoki paksa ketika dunia sedang berubah, vaksin sedang diluncurkan dan saya pikir itu adalah keputusan yang tidak perlu dibuat di saat ini.”

Penyelenggara Tokyo 2020 telah menekankan bahwa keselamatan publik akan menjadi “prioritas utama” di Olimpiade, dan akan mengambil keputusan tentang batas kehadiran secara keseluruhan pada bulan April.

Sc: Japan Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here