Corona Menggila, 50 WN Jepang Tinggalkan Indonesia untuk Terima Vaksin

Sebanyak 50 WN Jepang terlihat berbondong ke bandara untuk meninggalkan Indonesia pada Rabu (14/7/21) kemarin ditengah kasus corona di RI yang terus mencetak rekor baru setiap harinya.

Pemulangan 50 WN Jepang tersebut dicarter menggunakan pesawar ANA (All Nippon Airways) yang dijadwalkan mendarat di bandara Narita Tokyo.

Diketahui bahwa WN Jepang yang dipulangkan tersebut merupakan karyawan dari Shimizu Corp untuk melakukan vaksinasi setibanya di Jepang.

Dalam beberapa waktu ke belakang memang banyak perusahaan Jepang di Indonesia memulangkan karyawan mereka yang WN Jepang karena instruksi dari kantor pusat mereka di Jepang.

Hal ini juga didukung oleh pemerintah Jepang Menteri Sekertaris Kabinet Katsunobu Kato yang mendukung pulangnya WN Jepang dari Indonesia.

“Dari sudut pandang untuk melindungi warga, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan sehingga WN Jepang yang ingin kembali dapat pulang sesegera mungkin.” ucap kepala sekertaris pemerintah Jepang Katsunobu Kato.

Selain itu, perushaaan juga memutuskan untuk memulangkan karyawan mereka ke negara asalnya adaah karena saat ini Indonesia yang mengalami lonjakan kasus corona membuat banyak rumah sakit penuh dan ketersediaan ruang kamar rumah sakit dan oksigen semakin menipis.

Rencananya, perusahaan akan melakukan pemulangan bagi karyawan WN Jepang mereka secara bertahap dan sisanya akan diberangkatkan kemudian.

Source : KN,cnbc