Data Sensus Terbaru : Penduduk Jepang Menyusut, Imigran Asing Meningkat

Data sensus terbaru tahun 2020, total populasi Jepang saat ini hanya ada sebanyak 126.226.568 dimana angkat ini menyusut sebanyak 0,7% sejak tahun 2015.

Tentunya angka ini akan menjadi beban bagi pemerintah jika terus terjadi penyusutan maka posisi Jepang sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke 3 di dunia akan tergeser dengan sendirinya seiring aktivitas ekonomi akan terus menurun.

Menurut data pencatatan sipil Jepang, sensus dilakukan setiap 5 tahun sekali yang telah dimulai sejak tahun 1920 dan dibandingkan dengan data terakhir pada 2015, angka populasi Jepang menyusut sebanyak 868.000 atau sebesar hampir 0,8%.

Sebaliknya, orang asing yang tinggal di Jepang kian bertambah setiap tahun dan data terahir menunjukan penduduk asing resmi yang tinggal di Jepang mencapai 2.556.183. orang.

Menurut data PBB, diantara negara G20 dimana ada Indonesia di dalamnya, Jepang adalah satu-satunya negara yang mengalami penurunan populasi.

Hal ini tentu akan membebani pikiran pemerintah dimana dengan angka kelahiran yang rendah diiringi dengan bertambahnya populasi lansia yang semakin menua membuat Jepang akan terus mengalami penyusutan penduduk jika terus dibiarkan.

Tentunya hal tersebut juga akan berdampak bagi kesehatan ekonomi negara dimana saat ini saja, Jepang sudah mulai mengalami krisis tenaga kerja akibat usia produktif yang terus menurun.

Source : JT