Data Terbaru : Bayi yang Lahir di Jepang Tahun 2020 Hanya 840.832

Tahun 2020 memang menjadi tahun yang buruk bagi warga di seluruh dunia tak terkecuali negeri Sakura Jepang.

Dampak dari pandemi juga berperan serta dalam menurunkan jumlah angka kelahiran di Jepang.

Menurut data terbaru Kementerian Kesehatan, Kesejahteraan dan Tenaga Kerja Jepang hingga kebijakan fiskal berakhir, data tahun 2020 mencatat hanya ada sebanyak 840.832 bayi yang lahir di Jepang dimana turun sebanyak 24.407 dari tahun sebelumnya.

Angka tersebut juga menandai sebagai pencatatan terendah bayi yang lahir di Jepang usai dalam beberapa tahun terakhir terus menurun hingga di bawah 900.000 bayi untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Menurut pemerintah mengungkapkan bahwa populasi masyarakat yang terus menyusut beriringan dengan meningkatnya angka populasi yang semakin menua ditengah pandemi parah 2020 tahun lalu.

Menurut juru bicara pemerintah Katsunobu Kato mengatakan bahwa hal ini dapat mengguncang dasar masyarakat dan ekonomi dan harus ditangani dengan cepat.

Selain itu, data pernikahan juga menurun drastis hanya ada sebanyak 525.490 saja yang dimana terendah sejak era pasca perang dunia II.

Para analis juga memperkirakan bahwa di tahun 2021 berakhir nanti, pencatatan angka bayi yang lahir kemungkinan juga akan mengalami penurunan karena pandemi yang masih berlanjut dan kesulitan ekonomi dan sedikit kesempatan menjadi salah satu pemicu utama.

Bahkan para analis menambahkan data pencatatan bayi yang lahir di tahun 2021 mungkin saja bisa diproyeksikan mencapai dibawah 700.000.

Source : JT