Didorong Amerika, Korsel dan Jepang Siap Berusaha Sembuhkan Luka Perselisihan Masa Lalu

South Korean Foreign Minister Park Jin (L) and Japanese Foreign Minister Yoshimasa Hayashi (R) attend a meeting in Tokyo on July 18, 2022. (Photo by KIM KYUNG-HOON / POOL / AFP)

Kunjungan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Park Jin pada Senin lalu ke Tokyo, kini membuahkan kabar yang baik terkait dengan hubungan panas dalam beberapa tahun terakhir antara Korsel dan Jepang.

Perselisihan yang tak pernah usai sejak zaman penjajahan dulu hingga diperunyam dengan kondisi geopolitik membuat hubungan politik Jepang dan Korea Selatan kian memburuk.

Namun kini, kedua negara mengungkapkan keinginannya untuk saling meningkatkan hubungan dan menyelesaikan perselisihan dengan baik.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan menyampaikan pada awak media bahwa ia telah membawa keinginan presiden baru Korsel Yoon Suk Yeol bahwa niatan untuk meningkatkan hubungan dengan Jepang telah disampaikan.

Sebagai kedua sekutu guna menghadang isu seperti ancaman Korea Utara dan China, Amerika terus mendorong dan berupaya agar Korsel dan Jepang segera memperbaiki hubungan dan memastikan menjalin kerjasama yang baik.

Para pejabat dari Jepang pun telah menyambut dengan baik bahwa  pentingnya meningkatkan hubungan dengan Korsel dan kini menunggu usulan Korsel untuk menyelesaikan sejumlah perselisihan kedua negara tersebut.

Source : KN, JT