Digelar Hari Ini, Jepang Akan Jadi Sejarah Olimpiade Dunia Diselenggarakan di Tengah Pandemi Corona

Sejak bertahun-tahun lalu, Jepang telah mempersiapkan matang terkait dengan penyelenggaraan Olimpiade yang seharusnya digelar pada 2020 tahun lalu namun harus ditunda karena adanya pandemi corona.

Persiapan Tokyo Olimpiade yang tak sebentar juga membuat kecewa yang mendalam terkait penundaan dan penyelenggaraan yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Hari ini, meski pandemi belum mereda dan dalam beberapa hari terkahir Jepang mencatat angka penambahan kasus corona yang tinggi, panitia dan pemerintah serta IOC sepakat akan tetap menggelar olimpiade dengan kehati-hatian super ekstra.

Pembukaan Olimpiade yang digelar hari ini rencananya tidak akan dihadiri penonton mengingat Jepang saat ini sedang memberlakukan status darurat di Tokyo akibat kasus corona yang melonjak.

Namun bagaimana pun juga, Jepang telah mempertaruhkan reputasi di mata dunia untuk membuat Olimpiade ini sukses digelar meski telah melewati berbagai rintangan.

Upacara pembukaannya nanti akan digelar jam 8 malam JST hari ini dan disiarkan internasional. Tokyo Olimpiade akan digelar 23 Juli hingga 6 Agustus sementara pertandingan Paralimpiade akan digelar 24 Agustus 2021 hingga 5 September. Menurut panitia, beberapa venue yang akan menjadi lokasi pertandingan atlet akan dibatasi penonton yang akan hadir dengan maksimal 50% dari kapasitas lokasi agar.

Source : nbc