Dihadiri Sedikit Orang, Jepang Gelar Acara Tahunan Pembahasan Tentang Pulau Sengketa dengan Korea Selatan

Upacara tahunan di Jepang yang membahas mengenai sengketa pulau dengan Korea Selatan telah sukses digelar dengan sedikit peserta akibat adanya pembatasan protokol virus.

Gubernur Shimane Tatsuya Maruyama dan Yoshiaki Wada salah seorang kabinet menteri parlemen terlihat turut hadir dalam upacara tersebut.

Upacara ini biasanya membahas mengenai pulau sengketa dengan Korea Selatan yakni pulau dikenal di Jepang dengan nama Takeshima Island dan di Korea Selatan dikenal dengan nama “Dokdo Island”.

Upacara ini sebenarnya merupakan agenda tahunan sejak 2006 lalu yang digelar di Shimane. Hari upacara ini biasanya dikenal dengan nama “Takeshima Day”.

Sekitar 220 peserta terlihat hadir dalam upacara ini dan telah dibatasi karena harus tetap patuh pada protokol kesehatan.

Jepang dan Korea Selatan memang terlibat perselisihan tentang sengketa pulau di barat laut pantai Prefektur Shimane. Kasus sengketa tersebut sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 1945 silam.

Apalagi, perselisihan Jepang dan Korsel diperparah dengan adanya pengadilan Korsel yang dianggap berlaku sepihak terhadap pemutusan kompensasi tenaga kerja di masa perang yang menurut pemerintah Jepang tidak telah diselesaikan dalam perjanjian bilateral tahun 1965.

Hingga kini, perselisihan antara kedua negara tersebut memang masih belum menemukan titik akhir.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here