Dikelilingi Negara Tetangga Bersenjata Nuklir, Jepang Khawatir Keamanan di Wilayah Asia Timur

Rusia, China dan Korea Utara adalah negara yang berletak sangat dekat dengan wilayah Jepang dimana ketiga negara tersebut seringkali menunjukan eksistensi militer mereka dalam pengembangan senjata nuklir.

Saat kunjungan kerja ke Singapura bersama dengan Perdana Menteri, Nobuo Kishi selaku menteri pertahanan Jepang mengatakan bahwa Jepang akan bersedia maju di garis depan untuk menentang negara tetangga yang mencoba mengubah norma internasional.

Nobuo Kishi juga mengatakan bahwa China dan Rusia pernah melakukan patroli udara di daerah  perairan Jepang dan Taiwan dan hal tersebut akan meningkatkan kekhawatiran diantara negara-negara lain.

Tak hanya Rusia dan China, Jepang juga mengkritik Korea Utara yang terus-terusan mengujicoba peluncuran rudal ke daerah perairan Jepang sepanjang tahun 2022 ini. Tindakan ini menimbulkan ketegangan dan kekhawatiran akan keamanan di wilayahnya.

Menurut PM Kishida, Jepang akan meningkatkan pertahanan demi mengantisipasi negara-negara tersebut bertindak lebih jauh dari norma internasional.

Source : reuters