Diperluas, 4 Wilayah di Jepang Akan Segera Diberlakukan Kembali Status Darurat yang Ketiga Kalinya

Pemerintah Jepang dikabarkan akan segera kembali memberlakukan status darurat di 4 wilayah yang mencakup Tokyo, Osaka, Hyogo dan Kyoto pada Jumat besok akibat lonjakan kasus corona yang terus membludak.

Berbagai kegiatan masyarakat akan dibatasi yang lebih ketat, termasuk beberapa tempat wisata publik akan ditutup sementara bahkan akan diberlakukan selama Golden Week nanti.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan mempelajari langkah-langkah yang mereka rencanakan” ucap Suga dalam konferensi pers.

Beberapa kepala daerah di wilayah tersebut sebelumnya memang sudah menyerukan kepada pemerintah pusat agar kembali diberlakukannya status darurat yang dimulai dari desakan Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura.

Selain itu, berbagai restoran dan bar juga akan diminta mengurangi jam operasional dan tutup selama akhir pekan untuk mencegah penularan virus.

Sementara itu, pemerintah daerah Tokyo dan Hyogo kini sedang berdiskusi agar berbagai fasilitas komersil ditutup sementara.

Shigeru Omi, salah satu pakar penyakit menular mengatakan bahwa status darurat harus dilakukan secepat mungkin untuk mencegah penularan virus yang semakin mengkhawatirkan apalagi kini dihantui dengan varian virus baru yang lebih cepat menyebar.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here