Diperpanjang, 2 Wilayah di Jepang Ditambahkan Masuk dalam Status Darurat! Simak Berikut

Pemerintah Jepang telah mengumumkan adanya perpanjangan status darurat hingga 31 Mei sebagai tanggapan agar dapat menekan penyebaran virus corona.

Sebelumnya, status darurat di Osaka, Tokyo, Hyogo dan Kyoto telah diberlakukan status darurat sejak akhir April lalu dan berakhir pada 11 Mei. Namun pemerintah daerah dan pusat memutuskan bahwa periode tersebut tidak cukup untuk membendung penyebaran virus.

Selain itu, PM Yoshihide Suga juga menambahkan 2 wilayah di Jepang untuk turut diberlakukannya status darurat yakni di wilyah Prefektur Aichi dan Fukuoka dengan jadwal berakhir yang sama pada 31 Mei nanti.

“Kami akan menerapkan secara menyeluruh langkah yang kami rasa sangat efektif karena sebentar lagi akan kembali ke kalender normal usai golden week nasional selesai” ucap PM Suga.

Suga menambahkan bahwa status darurat perlu diperpanjang karena tingginya jumlah kasus baru di pusat kota besar hingga menyebabkan menipisnya ketersediaan fasilitas medis di Osaka dan Hyogo.

Dibawah aturan darurat ini, banyak operasional restoran dan bar yang tidak bisa beroperasi hingga lebih dari jam 8 malam dan berbagai aktivitas publik dibatasi demi mencegah kerumunan.

Source : asahi