Diskusi dengan Presiden Korsel, PM Suga : “Perlu Adanya Perbaikan Hubungan Diplomatik Jepang – Korea Selatan”

(Photo: Shutterstock.com)

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dikabarkan telah berdiskusi lewat telepon dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada hari Kamis (24/9/20) kemarin.

Pada pembicaraan selama 20 menit tersebut, kedua petinggi negara tersebut membahas perlu adanya perbaikan hubungan antar negara usai dilanda beberapa ketegangan beberapa waktu lalu akibat perseturuan kompensasi tenaga kerja di masa perang.

Dalam konferensi pers yang diadakan usai bercakap dengan pemimpin dari negeri Ginseng tersebut, Suga mengatakan bahwa Jepang dan Korea Selatan adalah tetangga yang sangat penting namun beberapa kali diterpa masalah yang cukup sulit sehingga perlu adanya perbaikan.

Suga mengatakan bahwa Ia memberi kebebasan pada pemerintah Korea Selatan untuk membangkitkan kembali hubungan kedua negara yang konstruktif.

Presiden Moon mengatakan bahwa Jepang adalah negara sahabat terdekat meski posisi kedua negara harus dilanda beberapa kali masalah dan harus mencari solusi yang optimal.

Sebelumnya, hubungan Jepang dan Korea Selatan sempat tegang usai pengadilan tinggi Korea Selatan yang memberi putusan bahwa salah satu perusahaan Jepang Nippon Steel diharuskan memberi kompensasi tenaga kerja Korsel di masa perang dulu. Namun Jepang membantah bahwa masalah tersebut telah diselesaikan pada perjanjian bilateral tahun 1965 silam.

Hubungan kedua negara tersebut diperparah usai Jepang yang membuat kebijakan terkait pengetatan ekspor semikonduktor. Bahkan Korea Selatan sempat membawa masalah tersebut ke WTO untuk diselesaikan namun WTO menangguhkan ajuan Korsel tersebut karena kedua negara sepakat untuk mediasi terkait masalah ini.

 PM Yoshihide Suga telah berdiskusi dengan beberapa pemimpin negara seperti Presieden Amerika Donald Trump, PM Australia Scott Morrison, PM Inggris Borris Johnson dan dijadwalkan akan berdiskusi lewat telepon Presiden Cina Xi Jinping pada hari ini.

Source : Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here